Internet Doomsday 2012

Internet Doomsday 2012
Sebuah peringatan penting dipublikasikan oleh Federal Bureau Investigation (FBI) melalui situs resminya, agar para pengguna komputer untuk selalu berhati-hati dengan serangan DNSChanger Malware. Terlebih lagi pada tanggal 9 Juli 2012 mendatang (5 hari lagi) sebagai puncak Internet Doomsday 2012 atau Kiamat Internet 2012. Malware ini mampu mencegah instalasi software Antivirus dan update Operation System pada komputer yang terinfeksi. Bahkan komputer tidak dapat mendeteksi ataupun menghentikan serangan Malware sekaligus membuka peluang atas serangan virus lainnya. Malware tersebut diam-diam mengubah pengaturan pada komputer yang terinfeksi dan mengarahkannya ke situs tertentu dengan sejuta iklan. Redirect link pada link tertentu memungkinkan Netter melihat dan/atau menge-Klik situs atau iklan tersebut yang memberi keuntungan tersendiri terhadap pelaku kejahatan Cyber ini berupa aliran dana ke rekeningnya.

Ketika pengguna komputer yang terinfeksi mengklik link tertentu berdasarkan hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari, Malware mengarahkan komputer tersebut ke situs yang berbeda. Hal ini dituturkan JANICE K. FEDARCYK (FBI Assistant Director in Charge), mengingat bahwa artikel ini disadur sepenuhnya dari situs resmi FBI. Meski demikian, belum bisa dipastikan bahwa Internet Doomsday BENAR ADANYA akan terjadi 5 hari ke depan. Dimana, Internet akan mati total akibat serangan DNSChanger Malware.

Berdasarkan data FBI, saat ini komputer yang terserang malware ini telah mencapai 4 juta unit yang tersebar di 100 negara, termasuk setengah juta komputer di Amerika Serikat. Olehnya, patutlah Ambae.exe dan sobat Netter sekalian berhati-hati. Tanpa kehadiran malware ganas ini sekalipun, selayaknyalah kita semua waspada dengan segala ancaman dunia maya dibalik kehebatan dan kecanggihan yang dipertontonkannya.

Lalu apa langkah-langkah yang harus diambil untuk menghadapi dan mengantisipasinya...? Pihak FBI menganjurkan agar Netter mengunjungi DNS Changer Working Group (DCWG) lalu cek disini

Penting untuk dipahami, mengingat di dunia nyata beberapa waktu ini berkembang cerita bahwa pada tanggal 9 Juli 2012, semua perangkat komputer (baik yang terkoneksi dengan internet maupun yang Offline sekalipun) akan terserang malware tersebut. Ada pula cerita yang berkembang bahwa semua perangkat yang bisa Online, pada tanggal tersebut tidak akan mampu melakukan koneksi. Perlu diluruskan agar tidak menimbulkan ketakutan yang mencekam.

Sejak saat ini, DNSChanger Malware menyerang komputer yang telah terhubung melalui internet. Komputer yang telah terinfeksi, saat ini masih bisa terhubung ke internet melalui DNS palsu yang diciptakan Perusahaan Rogue. Tanggal 9 Juli 2012 nanti, sesuai mandat dari Manhattan Federal Court, FBI akan mematikan Rogue DNS Servers. Sehingga pada saatnya itu, tiap komputer yang telah terinfeksi DNSChanger Malware tidak dapat melakukan koneksi ke internet karena DNS palsu yang digunakannya selama ini akan dinonaktifkan. Wah...jadi bingung!!! Kalau ada yang kurang, harap ditambahkan dan diperbaiki ya sobat Blogger!!!

Bilamana komputer Anda terlanjur terdeteksi serangan tersebut, lakukan langkah-langkah berikut :
  • Segera laporkan status komputer Anda pada FBI sebagai korban serangan.
  • Perbaiki dan bersihkan komputer disini.
  • Gunakan Antivirus/Tools yang mumpuni dan up to date
Berikut Tools yang direkomendasikan DCWG :
Harapan kita semua, semoga dunia maya tetap tidak menakutkan bagi siapapun.
Labels: 2012, 9 Juli 2012, Antivirus, Cracking, Cyber, DCWG, DNS, DNSChanger, Doomsday, FBI, Hacking, Internet, Internet Doomsday 2012, IP Address, Malware, Rogue, Server, Virus

Thanks for reading Internet Doomsday 2012. Please share...!

0 Comment for "Internet Doomsday 2012"

Back To Top