Jadwal Puasa Ramadhan 1433H-2012M

Jadwal Puasa Ramadhan 1433H-2012M
Sejak 2 hari yang lalu (Red. : 18 Juli 2012), umat Muslim di Bantaeng telah memadati lokasi Pekuburan/Makam Islam di sejumlah tempat. Sudah menjadi kebiasaan dan tradisi umat Muslim yang berdomisili di kota kecil di Sulawesi Selatan ini untuk berziarah ke makam keluarga maupun kerabat. Hal ini dilakukan guna mengenang kembali ketika Almarhum/Almarhumah masih hidup. Kami mendo'akan kepada mereka agar Allah Swt senantiasa memberikan tempat yang layak di sisi-NYA berupa Jannatun Naim sesuai dengan amal perbuatannya selama hidupnya. Demikian penuturan Dg. Tudda, salah seorang warga yang dijumpai kemarin (Red. : 19 Juli 2012) di Pekuburan Islam Tangnga-tangnga (Jl. Pahlawan Bantaeng).


Sampai kemarin sore, frekuensi peziarah semakin meningkat. Akibatnya, ruas-ruas jalan di beberapa titik terjadi kemacetan yang panjang dan berlangsung lama. Di antaranya di lokasi :
- Pekuburan Islam Tangnga-tangnga (Jl. Pahlawan Bantaeng)
- Pekuburan Islam Cabodo (Jl. Pahlawan Bantaeng)
- Pekuburan Islam Letta (Jl. Dr. Ratulangi Bantaeng)
- Pekuburan Islam Lembang (Jl. Dr. Ratulangi Bantaeng)
- Pekuburan Islam Bakarayya (Jl. Pemuda Bantaeng)

Sementara, warga lainnya sibuk mempersiapkan Sahur pertama di awal Puasa Ramadhan 1433 H. Berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Ramadhan 1433 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012. Namun, ada pula yang melaksanakan Puasa hari ini (Red. : 20 Juli 2012), khususnya warga Muhammadiyah. Dan di beberapa tempat di Indonesia telah dilaksanakan Puasa Ramadhan sejak beberapa hari yang lalu.

Perbedaan memang kerap terjadi berkaitan dengan awal Ramadhan maupun pelaksanaan Lebaran (Idul Fitri dan Idul Adha). Namun, penting untuk disadari bersama bahwa perbedaan itu tidak perlu dibesar-besarkan yang pada ujung-ujungnya akan memperkeruh suasana dan memecah Islam yang selama ini telah menyatu begitu apik dan solid.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H Tahun 2012, semoga Puasa yang kita jalani memberi berkah dan berbuah amal untuk meraih predikat La Allakum Tattakun.

Download :
Jadwal Puasa Ramadhan 1433 H-2012 M (area WITA dan Bonthain)
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2012
Labels: 1433 H, 2012, Download, Hijriyah, Hilal, Isbat, Islam, Kemenag, Keputusan, Marhaban, Masehi, Muslim, Puasa, Ramadhan, Rukyat

Thanks for reading Jadwal Puasa Ramadhan 1433H-2012M. Please share...!

0 Comment for "Jadwal Puasa Ramadhan 1433H-2012M"

Back To Top